Teknik Mesin (Teknik Permesinan 3 TAHUN )

Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri Sumatera Selatan merupakan jurusan yang melaksanakan Standar Operasional Prosedur, Dalam kapasitasnya Jurusan Teknik Pemesinan melaksanakan Standar Operasional Prosedur Manajemen Mutu. Maka dari itu Program Keahlian Teknik Pemesinan membekali peserta didik dengan ketrampilan pemesinan yang meliputi : mengoperasikan mesin-mesin produksi baik mesin Manual maupun mesin CNC (Computer Numerical Control) , mesin Bubut, mesin Frais, mesin Sekrap, mesin Bor, mesin Gerinda Datar, mesin Gerinda Poros, mesin Gerinda Potong, mengasah alat-alat potong, Pengelasan dan Fabrikasi logam. Peserta didik juga dibekali dengan pengetahuan membaca dan menggambar dengan teknik manual maupun dengan CAD (Computer Aidet Design). Pengenalan dan pengolahan bahan, mengukur dengan alat ukur mekanik presisi, menggunakan perkakas tangan serta melakukan perhitungan dasar dan lanjut untuk diimplementasikan dalam praktek membuat benda kerja dan perlengkapan praktek oleh Guru Praktek ( Instruktor ) yang rata-rata tamatan S1 dan D4 dan semua sudah bersertifikasi guru, juga ada yang sedang menempuh kuliah S2.

Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri Sumatera Selatan merupakan jurusan yang telah menjalin kerjasama dengan Dunia Industri dan Dunia Usaha dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (Magang)/ Prakerin (Praktek Kerj a Industri) dan bersertifat .

Dibidang LKS (Lomba Ketrampilan Siswa) ada 5 jenis bidang lomba yang selalu diikuti oleh Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan setiap tahunnya.

Mengikuti perkembangan Dunia Usaha dan Dunia Industri yang semakin kompetitif dalam hal produksi, dimana penggunaan mesin-mesin manual maupun otomatis mulai digantikan dengan mesin-mesin berbasis computer CNC (Computer Numerical Control) dan injeksi.

Demikian sekilas informasi, moto dari Kompetensi Kejuruan Teknik Pemesinan adalah : CEPAT, TEPAT DAN EFISIEN .