Tema: “Momentum Hijrah: Mari Kita Tingkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Keimanan dan Ketaatan di SMK Negeri Sumatera Selatan

Tahun baru Islam atau yang sering dikenal dengan istilah Bulan Muharram, merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriah yang dihitung berdasarkan revolusi bulan. Bulan muharram merupakan salah satu bulan suci bagi umat islam, bahkan Bulan Muharram di juluki bulannya Allah swt. Keistimewaan tanggal 1 Muharram adalah berkaitan dengan peristiwa hijrahnya Rasulullah saw. dari Makkah ke Madinah. Hijrah adalah kegiatan perpindahan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saw. bersama para sahabat beliau dari Mekah ke Madinah, dengan tujuan mempertahankan dan menegakkan risalah Allah, berupa akidah dan syari’at Islam.
Pada hari ini, tepat pada tanggal 9 Agustus 2022 SMK Negeri Sumatera Selatan ikut berpartisipasi dalam rangka memperingati tahun baru islam. Pihak Rohis, Tearter serta guru-guru dan Staf SMK Negeri Sumatera Selatan menyelenggarakan berbagai macam kegiatan yang bertemakan “Momentum Hijrah: Mari Kita Tingkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Keimanan dan Ketaatan di SMK Negeri Sumatera Selatan” diharapkan melalui kegiatan ini mampu membentuk generasi yang tidak hanya cerdas otak saja, tetapi juga cerdas kepribadian agar mampu menghadapi perkembangan dan tantangan zaman. Oleh karena itu, dalam memperingati tahun baru Hijriah 1 Muharram 1444 H ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.
Kegiatan yang diselenggarakan untuk melengkapi kemeriahan acara guna memperingati Hari Tahun Baru Islam pada tahun ini adalah dengan menampilkan Ekskul Tearter,Rohis serta tilawah Al-Quran dan tak lupa juga untuk memberikan santunan anak yatim piatu.
Seluruh warga sekolah SMK Negeri Sumatera Selatan sangat antusias dalam memeriahkan acara 1 Muharram ini.