Jum’at 18 November 2022

Prakerin adalah suatu kegiatan pendidikan pelatihan dan pembelajaran yang di lakukan di dunia Usaha atau dunia Industri dalam upaya pendekatan atau untuk meningkatkan mutu para siswa-siswi Sekolah Menengah kejuruan (SMK).

Tujuan prakerin adalah meningkatkan kompetensi siswa dalam melatih kemampuan dalam dunia kerja. Selain itu, tujuan lainnya adalah wadah untuk meningkatkan kualitas siswa SMK menurut jurusan masing-masing. Kegiatan ini ditujukan untuk memantapkan kegiatan di dunia kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Sesuai dengan fungsi pendidikan nasional dan tujuan SMK yang lebih spesifik untuk menyiapkan siswa mampu bekerja dalam bidang tertentu salah satu proses yang dilaksanakan adalah dengan sistem pembelajaran di industri atau praktek kerja industri, dengan sistem ini para siswa akan terjun langsung ke dunia industri sesuai dengan kompetensi masing-masing jurusan. Istilah prakerin sekarang lebih dikenal dengan istilah praktik kerja lapangan (PKL).

Untuk mempersiapkan para siswa memasuki praktek kerja industri , SMK Negeri Sumatera Selatan mengadakan kegiatan pembekalan pada hari ini. Kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan mengenai informasi dunia usaha dan industri, waktu pelaksanaan dan aturan-aturan mengenai pelaksanaaan prakerin tahun 2022. Kegiatan pembekalan ini diikuti seluruh peserta Prakerin dan pembimbing siswa.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Waka Humas SMK Negeri Sumatera Selatan Bpk Kusmir Junaidi S.H , dalam penjelasannya beliau mengharapkan para siswa harus siap dalam melaksanakan kegiatan ini dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya karena para siswa akan memasuki layaknya dunia kerja yang penuh dengan tekanan dan target industri. Beliau mengharapakan agar para siswa selalu menjaga nama baik baik diri sendiri maupun sekolah.

.

SMK BISA, SMK HEBAT, SIAP KERJA, SANTUN, MANDIRI, KREATIF!

@kemdikbud.ri @kamivokasi @direktoratsmk @mitrasdudi @disdiksumsel.bidangsmk @dyandraacademy @kadisdik_sumsel @osiss.skansel

#kamivokasi#mitrasdudi#vokasimenguatkanindonesia#mitravokasi#smkcakapdigital#smkcakapdigital2022#smkbisa#smkhebat#smkbisasmkhebat#banggajadibagiansmk#sumselmajuuntuksemua#smknegerisumsel